Sedikit, yang Terlupa

Sekarang ini kalau gw membanding bandingkan nominal gaji yang gw dapat per bulan dengan nominal yang didapat teman teman sepantaran, gw akan sangat stres. “Men,udah dua tahun lebih gw kerja dan nominal yang gw dapat masih segini segini aja. Boro boro nabung, nyisain lebihan buat dikirim ke rumah aja susah.” Tapi, kalau diingat ingat lagi, yang gw rasakan pas pertama kali dapatin nominal gaji “yang-nggak-seberapa-itu” adalah perasaan berpuas diri dan pikiran,”apa gw layak mendapatkan nominal sebesar ini?”.

Memalukan memang ketika lu sadar waktu nggak membuat diri lu makin baik. Yah, memalukan, kalau nggak tega nyebut ; merugi.

Bulan bulan pertama gw menerima gaji sebagai karyawan permanen, yang terpikir adalah betapa besarnya nominal yang gw dapat saat itu dan terasa sebagian dari nominal itu sebagai titipan rejeki untuk orang lain. Nominal “yang-sekarang-terasa-tidak-cukup-itu” membebani tanggung jawab diri, bahwa sebagiannya harus disalurkan ke sebanyak mungkin orang. Di waktu itupun “menghambur hamburkan” sebagian rejeki itu pun tak perlu dipikir dua kali. Yang terasa hanya kelegaan dan berpuas diri karena “usaha-menggadaikan-kurang-lebih-delapan-jam-sehari” bisa bermanfaat buat orang lain yang nggak seberuntung gw. *”hei,di umur segitu dan gaji segitu?Jelas jelas lu lebih beruntung 60% orang Indonesia seumuran lu.”

Mudah mudahan diri ini dilindungi dari riya, tapi hati dan pikiran yang terbebani “nominal-tak-seberapa-di-waktu-dulu” itu sempat nyata, semakin jauh dari apa yang sekarang gw rasakan terhadap “nominal-yang-sekarang-sudah-bertambah-dari-nominal-yang-dulu”.

Lihatlah kepada orang yang berada di bawahmu dan jangan melihat orang yang berada di atasmu, karena yang demikian lebih patut, agar kalian tidak meremehkan nikmat Allah yang telah diberikan kepadamu” (Hadits shahîh Diriwayatkan oleh al-Bukhari (no. 6490), Muslim (no. 2963), at-Tirmidzi (no. 2513), dan Ibnu Majah (no. 4142), dari Sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu.)

Leave a Reply

