Long Way to be A Leader… [part 2]

Harus diakui,ini seri paling sulit buat gw untuk dicari bahannya. Yah, karena tema di seri ini tema yang cukup penting tapi sayangnya gw bukan tipe pemimpin alami yang inpirasi kepemimpinannya bisa datang sebulan sekali untuk ditulisin di blog. hehe.

6169_1113153742236_1028681613_30283775_401956_n

Untunglah kemaren dan hari ini SALAM UI mengadakan Festival Wajah Muslim Indonesia chapter 2, dan yang secara kebetulan yang luar biasa sudah diatur olehNya gw datang ke salah satu sesi talkshow yang temanya “Mencari Jejak Sang Pemimpin” yang berlangsung kemaren setelah gw les bahasa Inggris. Dengan semangat yang menggebu-gebu gw berkeinginan untuk mengulas lagi semua penyampaian yang sangat memberi inspirasi dari ketiga naraumber yang gw dengar kemaren itu, namun dikarenakan keterbatasan gw dalam mengingat banyak pelajaran-pelajaran yang bermanfaat dan juga keterbatasan gw dalam menyampaikan suatu point dalam bahasa yang tidak berbelit-belit, maka akan sangat sulit rasanya untuk mereview materi yang telah gw dapat dalam satu artikel penuh. TAPI, untungnya paling tidak gw masih mampu untuk menulis beberapa materi yang sangat berbekas di gw dalam bentuk point-point,yangn gw harap bisa menjadi panduan bagi gw sendiri dalam rangka terus belajar supaya menjadi pemimpin dan imam yang baik. Nah,inilah beberapa pointnya:

_ Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, teladanilah sosok pemimpin terbesar dalam sejarah umat manusia,yang pastinya adalah Rasulullah SAW,, ga ada yang lain bro!

_ Jadilah pribadi yang senantiasa meneladani Rasulullah SAW..

_ Untuk menjadi pemimpin yang bisa mempertanggungjawabkan kepemimpinannya di akhirat, haruslah memimpin dengan cara dan sistem yang langsung dari Allah Yang Maha Sempurna dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW, yaitunya syariat yang berdasarkan Al Qur’an dan sunnah tentunya.

_ Untuk menjadi pemimpin haruslah terbiasa berfikir yang rumit-rumit dan tidak mensimplifikasi persoalan.

_ Banyak-banyaklah membaca!! karena membaca adalah perintah langit. Ingat wahyu pertama yang diturunkan pada manusia adalah, “Iqra’!!” yaitunya “Bacalah!!”

_ Dan kalau menjadi pemimpin, jangan mudah tersinggung!! (well,ini kata salah seorang narasumber,tapi gw setuju kok.)

Nah,begitulah kira2.Mudah2an ga ada yang kurang dan ga ada yang gw tambahin dari apa yang gw dengar kemaren. Dan insyaAllah, kita semua bisa terus belajar untuk menjadi pemimpin yang bisa mempertanggungjawabkan apa yang telah diberikan pada kita,karena sesungguhnya tiap-tiap kita adlah pemimpin untuk diri kita sendiri.🙂

Leave a Reply

